Orang Korea tidak menggunakan nama bulan untuk menuliskan
tanggal melainkan menggunakan angka urutan bulannya. Jika hari ini 11 November,
maka mereka menuliskannya bulan 11 hari ke-11. Sebenarnya tak ada yang spesial
di hari ini sampai saya seorang teman saya mengatakan bahwa hari ini adalah
Pepero Day.
Pepero adalah snack berbentuk stick yang dibalut coklat.
Tentunya makanan seperti ini bukan hanya ada di Korea, melainkan ada juga di
Indonesia meski mungkin dengan merk-nya berbeda. Menurut beberapa sumber sih
Pepero Day ini ada sejak tahun 1994. Kenapa akhirnya tanggal 11 bulan 11 yang
dipilih itu karena bentuk angka tersebut layaknya 4 buah pepero yang
dijejerkan.
Pepero sendiri merupakan produk dari Lotte, yang merupakan
salah satu perusahaan besar yang cukup menguasai perekonomian nasional Korea
atau sering juga di sebut Chaebol (dalam bahasa Indonesia mungkin artinya ada
konglomerat). Kembali ke soal Lotte yang berhasil menciptakan produk bernama
pepero. Yang unik menurut saya adalah bagaimana sebuah produk yang diciptakan
sebuah perusahaan berhasil merajai pasar nasional dan akhirnya membuat sebuah hari layaknya
menjadi hari bersejarah nasional.
Saya hanya membayangkan, jika semangat berbagi kebaikan yang
lain bisa se-masif “semangat berbagi pepero”. Jika saja ini berlaku di Indonesia,
untuk memarketisasi kegiatan-kegiatan sosial di Indonesia sehingga akhirnya gerakan
yang ada sifatnya jauh lebih masif dan berskala nasional. Pada dasarnya sudah
banyak gerakan sosial yang ada di Indonesia, hanya saja mereka masih bergerak
di lingkup yang lebih kecil sehingga dampaknya pun belum terlalu luas.
Seandainya memasifkan gerakan sosial semudah memasifkan
gerakan pepero.
*maaf ya kalo ga ada analisisnya, maklum bukan anak FE :p
Comments