Visit Banda Aceh Year 2011: Aceh pun Punya Niagara Falls

*disertakan dalam lomba: Visit Aceh 2011

Air terjun Lhong terletak di Kampung Suhom, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya hanya sekitar 1 jam dari Banda Aceh. Mungkin tak seterkenal Niagara Falls tapi keindahannya tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Dahulu orang lebih suka mengunjungi pantai-pantai di Aceh. Namun semenjak tsunami yang terjadi di Aceh 6 tahun silam, air terjun Lhong justru menjadi objek wisata primadona di Aceh. Tak hanya Sabtu atau Minggu tempat wisata alam ini dipenuhi manusia dari berbagai pelosok negeri, bahkan di hari kerja pun tempat ini tak sepi dari pengunjung.

Desiran suara air yang jatuh dari angin serta angin lembut yang berhembus menambah damainya suasana alam. Percikan air yang jatuh pun menambah kesejukan di siang hari terik. Sejauh mata memandang, hanya hamparan pohon-pohon hijau, sungguh pemandangan yang menyejukkan mata. Di tambah lagi tumpukan batuan, membuat air yang mengalir cantik berliak-liuk di atasnya menuju muaranya. Wisata alam ini juga menyediakan kolam pemandian yang luas bagi para pengunjung.

Keindahan alam ini juga dilengkapi dengan suguhan penjaja makanan khas Aceh di sekitar air terjun Lhong. Tentu tak perlu khawatir dengan harganya apalagi rasanya lezat khas Aceh. Diiringi suara musik air dan angin yang berpadu menjadi melodi alam yang indah. Tak kalah suara burung-burung bernyanyi di atas dahan pohon rindang di sekitar air terjun. Untuk memenuhi rasa ingin tahu pengunjung akan asal muasal air terjun, ada tangga menuju puncak gunung. Meski terjal tapi kepuasan saat menyaksikan alam dari atas puncak gunung tersebut tentu tak terbayarkan.

Air terjun ini sungguh menjadi tulang punggung perekonomian daerah. Selain menjadi objek wisata alam dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi, air terjun ini pula menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA) bagi warga setempat. Dengan adanya objek wisata ini, Aceh bukan lagi tempat yang ditakuti untuk berlibur. Tak perlu jauh-jauh mengunjungi Niagara Falls karena Aceh pun memiliki air terjun yang tak kalah indah dan bisa menjadi alternatif wisata alam di Indonesia.

Comments

Neneng Tarigan said…
Cerita yang sangat menyentuh sampai saya menangis, bahwa kamu jauh-jauh di Korea masih ingat mempromosikan tanah air kita dan provinsi tercinta Aceh, tempat masa kecil saya lewatkan disana di bumi Aceh Indonesia!
So very touching story till I burst into tears, knowing that, though you live far away there in Korea, you still remember to promote our land and beloved province Aceh, a place where I spent my childhood in Aceh earth Indonesia!
Citra Amaliyah said…
Terima kasih Mba..
Meskipun Citra sndiri blm pernah k Aceh tp sering sekali denger keindahan tentang Aceh. Berharap suatu hari bisa k sana. Ini tulisan cuma berdasar studi pustaka. Mungkin mba bs nambahin, gimana keindahan Aceh sebenernya :)