Hadiah kecil di tengah kesedihan?


Kau tau siapa orang yang paling bahagia di dunia ini? Ku rasa bukan Prince William yang baru saja menikah, bukan juga Bill Gates yang masih menjadi salah satu orang terkaya di dunia.


Ku rasa orang yang paling bahagia di dunia ini adalah orang-orang yang bersyukur. Point of View. Bagaimana kau hidup dan memandang kehidupan? Kuncinya. Menggerutu atas apa yang kau rasa kurang. Atau bersyukur atas apa yang telah kau miliki.


Simpel saja. Itu lah yang ku pelajari hari ini. Sungguh ingin marah awalnya. Tapi pada siapa? Kau tak berhak marah pada kehidupanmu karena jika ada hal tak sempurna terjadi. Itu salahmu. Itu bukan salah Tuhan karena Tuhan Maha Sempurna.
Yah, berbagai kabar yang tak mengenakan menghampiriku hari ini. Tak penting kabar apa itu. Aku sungguh ingin marah. Marah. Berteriak. Sedih. Menangis.

Lalu tiba-tiba sebuah kado kecil mengingatkanku. Kado karena aku terpilih menjadi representasi mahasiswa asing dikampusku. Sederhana bukan. Lalu hadiah kecil itu membuat kemarahan dan kesedihanku surut.
Tuhan selalu punya cara unik untuk membuatku tersenyum.

Hey, lalu aku sadar! Bukan hanya hadiah kecil itu yang Tuhan berikan. Begitu banyak yang harusnya bisa ku syukuri:

Keluarga yang luar biasa

Teman-teman istimewa
Nikmat iman dan Islam

Udara yang kuhirup tanpa perlu kubayar

Kesempatan belajar yang belum tentu dimiliki orang lain
Kesempurnaan indra untuk merasakan indahnya dunia


Apalagi. Apalagi. Tak cukup jika harus kutuliskan semua di halaman ini. Sangat banyak. Terlalu banyak bahkan. Masih bisa kah aku bilang ini HADIAH KECIL yang diberikan Tuhan?



Harusnya aku bisa jadi orang paling bahagia di dunia ini. Karena begitu banyak hal yang harusnya bisa ku syukuri.



-Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?


#pojokasramaCBNU

15.25 waktu Jeonju

Comments