Berbagi Semangat Kebaikan Layaknya Semangat Berbagi Pepero


11.11.
Orang Korea tidak menggunakan nama bulan untuk menuliskan tanggal melainkan menggunakan angka urutan bulannya. Jika hari ini 11 November, maka mereka menuliskannya bulan 11 hari ke-11. Sebenarnya tak ada yang spesial di hari ini sampai saya seorang teman saya mengatakan bahwa hari ini adalah Pepero Day.

Pepero adalah snack berbentuk stick yang dibalut coklat. Tentunya makanan seperti ini bukan hanya ada di Korea, melainkan ada juga di Indonesia meski mungkin dengan merk-nya berbeda. Menurut beberapa sumber sih Pepero Day ini ada sejak tahun 1994. Kenapa akhirnya tanggal 11 bulan 11 yang dipilih itu karena bentuk angka tersebut layaknya 4 buah pepero yang dijejerkan.  


Pepero sendiri merupakan produk dari Lotte, yang merupakan salah satu perusahaan besar yang cukup menguasai perekonomian nasional Korea atau sering juga di sebut Chaebol (dalam bahasa Indonesia mungkin artinya ada konglomerat). Kembali ke soal Lotte yang berhasil menciptakan produk bernama pepero. Yang unik menurut saya adalah bagaimana sebuah produk yang diciptakan sebuah perusahaan berhasil merajai pasar nasional dan akhirnya membuat sebuah hari layaknya menjadi hari bersejarah nasional.

Saya hanya membayangkan, jika semangat berbagi kebaikan yang lain bisa se-masif “semangat berbagi pepero”. Jika saja ini berlaku di Indonesia, untuk memarketisasi kegiatan-kegiatan sosial di Indonesia sehingga akhirnya gerakan yang ada sifatnya jauh lebih masif dan berskala nasional. Pada dasarnya sudah banyak gerakan sosial yang ada di Indonesia, hanya saja mereka masih bergerak di lingkup yang lebih kecil sehingga dampaknya pun belum terlalu luas.

Seandainya memasifkan gerakan sosial semudah memasifkan gerakan pepero.  

*maaf ya kalo ga ada analisisnya, maklum bukan anak FE :p

Comments