Graduation...

Hanya 3 hari menjelang wisuda UI, sedih tentunya, ketika saya dan beberapa sahabat masuk bersama. Tapi kemudian saya mesti menunda kelulusan karena 'cuti setahun'. Well, life is choice, when we have choosen one thing then there will be another thing that we have to sacrifice. Itu lah mengapa kita hanya punya dua tangan. Ketika kita telah menggenggam dua benda pada kedua tangan kita, kita harus memilih, melepas satu genggaman untuk mengambil satu benda lagi atau tetap menggenggam benda yang sudah ada.

Tapi yang jelas, saya senang, melihat kebahagiaan dalam raut muka teman-teman. Pagi-pagi mereka datang dengan penampilan dan pakaian terbaik di wisuda FKM pagi ini. Berbeda halnya dengan 4 tahun lalu. Kita mesti tergopoh-gopoh datang setelah shubuh ke kampus. Dengan pakaian putih hitam, mengalungi name tag berbentuk tangan, membawa ransel besar di punggung. Beberapa terpaksa baris dilapangan basket karena terlambat, mungkin termasuk saya karena mengantri sarapan pagi di warteg dekat kosan.

Hingga kemudian perjalanan waktu membawa kita ke saat ini. Saat di mana jaket kuning kalian akan tersimpan manis di dalam lemari. Tapi kita sama-sama tahu bahwa semua tidak berhenti sampai di sini. Selamat wisuda buat sahabat-sahabat terbaik, smoga ilmu yang kalian peroleh bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kalian!

Comments