Nice Home Work #4 IIP

Bismillahirrahmanirrahim
You must be the change you wish to see in the world. -Mahatma Ghandi
Mari kita buka NHW kali ini dengan membaca basmalah dan sebuah quote favorit dari Mahatma Ghandi, yang intinya adalah kalau kita ingin dunia ini menjadi lebih ramah, indah dan nyaman untuk ditinggali, maka wujudkanlah mulai dari diri kita sendiri. Jadi, misi apapun yang ingin kita wujudkan untuk lingkungan, pastinya akan sia-sia kalau kita tidak ikut memantaskan diri.
Dulu, saat masih mengikuti program pembinaan salah satu beasiswa, menuliskan mimpi serta milestone-nya menjadi salah satu tugas kami. Saya sempat lupa pernah membuat ini, tapi cukup kaget ketika membukanya kembali dan sebagian hal di sana ternyata sudah tercapai, meskipun sebagian laginya di gantikan oleh Allah. Videonya beberapa tahun lalu sempat saya unggah di Youtube:

Nah saat diminta menuliskan misi hidup di NHW #4 ini, rasanya seperti diingatkan dan diberi semangat baru. Bedanya apa? Kalau dulu rasanya lebih ambisius untuk mendapatkan semuanya, kalau sekarang lebih fokus serta terarah dan tentunya dijalani bersama keluarga. Baiklah, mari kita lihat bagaimana tugas NHW #4.

MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH
Anak kita lahir dengan membawa fitrahnya; fitrah Ilahiyah, fitrah belajar, fitrah bakat, fitrah perkembangan, fitrah seksualitas dan sebagainya. Jadi tugas kita sebagai orang tua adalah menjaga fitrahnya dan membantunya menemukan misi hidupnya. Sebelumnya, tentu sebagai orang tua, kita pun harus paham terlebih dahulu, apa yang menjadi misi hidup kita.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Jawab:
Pada NHW #1 saya memilih menjadi mompreneur (dalam hal ini saya berencana membuka usaha jasa keselamatan dan kesehatan kerja), dengan segala ilmu parenting, ilmu wirausaha dan juga ilmu tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang akan menjadi bidang usaha nantinya. Insya Allah, saya akan tetap memilih jurusan tersebut.

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Jawab:
Pada awalnya, mungkin hanya sedikit yang terlaksana, tapi hari-hari berikutnya, saya merasa ada peningkatan karena sebagian besar berusaha secara konsisten saya kerjakan, sementara sebagian lainnya belum konsisten seperti membaca buku setiap hari dan belajar menahan emosi (ya Allah, ini susah hehe...).

c.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.Contoh:
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.

Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator
Jawab:
Saat kuliah, jurusan yang saya ambil adalah keselamatan dan kesehatan kerja. Dari pengalaman kerja yang pernah saya lakukan, ada masa ketika saya melakukannya dengan perasaan berbinar yaitu ketika saya bisa mengorganisir dan bisa menyampaikan sesuatu untuk orang lain mengenai hal yang saya pahami.
Misi hidup: ikut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman baik di dalam ranah domestik maupun di ranah publik.
Bidang: Pendidikan dan pelatihan K3 baik di rumah maupun di tempat kerja
Peran: Menjadi manajer dan trainer

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
Jawab:
Jurusan Ilmu yang harus dikuasai
Di ranah domestik
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
Di ranah publik
1. Ilmu- ilmu mengenai manajemen dan bisnis
2. Ilmu- ilmu mengenai keselamatan dan kesehatan kerja
3. Ilmu- ilmu mengenai ilustrasi dan desain

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
Jawab:
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 )
Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
Mengumpulkan berbagai informasi mengenai syarat PJK3
Mengikuti ujian masuk dan diterima di program magister FKM UI
Mengumpulkan berbagai materi mengenai ilmu manajemen dan bisnis
KM 1 – KM 2 (tahun 2 )
Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
Menguasai dasar-dasar ilmu K3
Menguasai ilmu tentang manajemen dan bisnis
Mengumpulkan berbagai materi mengenai desain
KM 2 – KM 3 (tahun 3 )
Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
Menguasai materi mengenai desain dan ilustrasi
Lulus dari program magister
Menguasai ilmu K3 yang lebih spesifik
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) :
Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
Menguasai materi serta mampu merancang program K3

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Jawab:
Checklist yang saya buat sudah sesuai, hanya perlu diberi tambahan waktu untuk belajar mengenai ilmu manajemen dan bisnis

g. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Jawab:
Lakukan yang terbaik. Faidza 'azzamta fatawakkal 'alallah, when you have decided, rely upon Allah











Comments