Nice Home Work #8 IIP


Nice Home Work 8:
MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Bunda, setelah di materi NHW#8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
  1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)
  2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)
  3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
  1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
  2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)
  3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
*****
Jawaban:
a. Ranah aktivitas dalam kuadran SUKA dan BISA

Dalam NHW #7 sebelumnya saya telah menuliskan hal apa yang bisa dan suka saya lakukan. Akan tetapi jika saya memilih salah satu ranah dari aktivtas tersebut, maka ruang lingkup mengenai apa yang ingin saya capai dalam jangka panjang akan terlalu sempit. Akan tetapi, seluruh aktivitas tersebut semata-mata bertujuan untuk mengasuh dan mendidik anak.

b. BE, DO dan HAVE
  1. BE: Mental yang harus dimiliki: a). Mental Penyabar (karena saya sering merasa bahwa ketidaksabaran saya sebagai ibu menghambat proses belajar anak saya, misal suka terburu-buru membantu ketika dia tidak bisa, atau marah ketika dia bereksplorasi karena rumah berantakan dll; b) Mental Pembelajar (menjadi ibu merupakan hal baru bagi saya dan proses belajar seumur hidup. Apalagi ketika berhadapan seorang anak yang merupakan tanggung jawab utama saya sebagai ibu);  c) Mental pemberani (berani disini berlaku secara luas termasuk berani mengambil keputusan, berani mengambil risiko dan berani berpendapat).
  2. DO: Banyak belajar tentang ilmu parenting dan ketrampilan mengenai manajemen rumah tangga dari berbagai media, khususnya bagaimana mendidik anak dalam Islam, bagaimana menghadapi perkembangan anak di setiap tahapan usia, bagaimana seimbang dalam pengelolaan rumah tangga dan pengembangan diri.
  3. HAVE: Saya percaya bahwa ilmu adalah hal tidak terbatas, maka jika saya sudah memilikinya maka akan terus saya kembangkan dan saya amalkan.
c. Aspek dimensi waktu
  1. Lifetime purpose: Allah telah menuliskan dalam potongan ayat dalam surat Al-Baqarah ayat 30 bahwa tugas utama seorang manusia adalah sebagai seorang khalifah. Maka menjadi manusia yang taat kepada Allah dan mencegah bumi ini dari kerusakan adalah tujuan hidup kita sebagai manusia. Dalam lingkup pribadi, saya percaya bahwa Allah telah pula memberi saya berbagai potensi untuk dikembangkan dan seorang pasangan untuk melengkapi kekurangan saya, serta sumber daya-sumber saya di sekitar kami. Maka yang ingin saya capai dalam kehidupan adalah menjadi seseorang yang bisa memaksimalkan potensi untuk menebar manfaat. Adapun, suatu saat ketika saya sudah meninggal, saya ingin dikenang sebagai sosok yang baik dan pekerja keras.
  2. Strategic plan: a) Menjadi ibu professional bagi anak dan istri yang solehah; b) Lulus S2; c) Punya tabungan haji; d) Bebas secara finansial (bebas dari utang, punya tabungan darurat dan pendidikan bagi anak); e) Mendirikan perusahaan jasa keselamatan dan kesehatan kerja (PJK3); f) Bisa memberi beasiswa kepada adik-adik yang berprestasi.
  3. New year resolution: a) Membaca minimal 5 buku parenting dan belajar dari berbagai grup parenting; b) Lebih baik dalam manajemen waktu dan konsisten dengan jadwal yang sudah dibuat; c) Diterima dalam program S2; d) Umroh
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH.


Comments